Minggu, 09 Februari 2014

change


Segalanya tampak berbeda...
Apa itu ??
Aku pun tak mengerti apa yang sedang berusaha aku torehkan dalam tulisan kali ini.. aku hanya ingin bercerita bercerita dan bercerita tanpa henti..
Banyak hal yang kurasakan yang tak mampu dan takkan cukup hanya dengan mengucapkannya....
Hari ini, bukan... beberapa hari belakang ini tepatnya...
Aku sedang berusaha melawan diriku sendiri,, ego yang menyatu dalam jiwaku ini sedang berusaha kuseimbangkan dengan kenyataan...
Yahh.. aku sedang berusaha memperbaiki diriku... lagi... 
Sejak dulu aku mempunyai harapan yang sederhana...  aku hanya ingin menjadi anak yang membanggakan untuk orang tuaku, adik yang baik untuk kakakku, istri yang shalihah untuk suamiku kelak, dan juga ibu yang penuh kasih sayang untuk anak2ku kelak.
Tapi kenyataannya, selama ini... aku terlalu banyak memikirkan urusan duniawi sja...
Beberapa mnggu yang lalu, aku bercerita panjang dengan mamiku via telfon...
Hanya karena aku menjawab, pertanyaan mamiku yg blg “aku sedang apa?” mamiku akhirnya membuka mata hatiku untuk kesekian kalinya.... dan kali ini bener2 menggugah hatiku....
Yahh,, saat mamiku menelfon, waktu itu aku baru saja selesai shalat Isya, aku sedang sibuk membaca dan berusaha menghafal doa-doa sehari-hari.... sejujurnya, aku sedang merindukan masa kecilku di mesjid tempat mengajiku dulu... banyak teman.. shalat ashar bareng, ngaji bareng.. menghafal doa2... dll...
Tapi semenjak aku tamat dari mengajiku itu, aku sudah tak rajin lagi menghafal doa-doa.. aku terlalu sibuk dalam skolah, les, latihan bela diri, dll lahh....
Akhirnya, sampai besar begini.. aku hanya membaca doa-doa yang aku tahui sejak kecil itu, namun tak menambahnya lagi.. ckckck.. astagfirullah...
Malam itu, selepas shalat isya, aku duduk di depan meja, depan laptopku seperti biasanya.. tidak lama pandanganku berpindah ke rak buku yang berjejer rapi di samping laptopku... ternyata masih ada beberapa buku yang belum sempat aku baca karena kesibukanku di kantor beberapa hari ini...
Aku mulai membersihkan buku-buku kesayangku itu dari debu2 tipis yang berada di atasnya, sungguhh,, aku begitu mencintai buku-bukuku ini... sebab aku suka membaca.. walaupun banyak lupa juga , hehhee ^_^.. tapi aku tetap senang membaca dan membaca,,,,
Dan akhirnya aku menemukan buku tuntunan shalat tahajud, shalat dhuha dan doa-doa.. yang belum sempat aku baca-baca itu... padahal buku itu sudah sebulan lebih berada di rak bukuku..
Aku mulai membuka dan membacanya perlahan...
Humm.. aku menemukan ketenangan yang tidak kudapatkan ketika aku bermain internet ketika aku jenuh seperti biasanya...
Yaaa.. seperti sesuatu yang menggerakkan batinku untuk membacanya trus trus dan trus....
Sampai beberapa menit kemudian, mamiku pun menelfon...
Aku tak mengerti apa yang membuatku akhirnya berkata kepada mamiku,
“ma, maafkan aku... aku ingin berubah... ridhai aku ma.. doakan aku... aku mohon.. bantulah aku dengan doamu , ma... aku merindukanmu...” dan air mataku pun menetes..
Walaupun tak melihatnya, tapi aku bisa merasakan,.. disana.. mamiku pun menangis.. walaupun tak banyak untuk memperjelas maksudku itu, ternyata mamiku mengerti yang yang aku bilang aku coba katakan itu apa...
Akhirnya mamiku blg,, “sudahlah nak, berhentilah mengejar kesuksesan di dunia ini kamu hampir buta dengan duniawi ini...kamu menyepelekan kesuksesan akhiratmu, astagfirullah'aladzim. Aku tau bagaimana semangatmu untuk menjadi orang sukses, tapi bukan seperti ini nak, ingatkah kamu wanita hebat yang mami bilang dulu itu.. ialah wanita shalihah yang selalu rendah hati dan selalu memohon ampunan-Nya, wanita yang tau kewajibannya sampai mana, wanita yang selalu mendapatkan ridho-Nya, selalu berusaha untuk cantik dimata_Nya... seperti itulah nak!”
Dan saat itu, aku seperti tertusuk seribu jarum di dadaku,,, sungguh sakit mendengar kata-kata itu keluar dari mulut ibuku sendiri...
Aku sungguh tidak mengerti yang beliau maksudkan itu apa...
Yaa, aku akui selama ini... aku belum cukup bisa memahami soal agamaku sendiri... karena.. yaa aku sama seperti perempuan-perempuan remaja kebanyakan diluar sana... aku ingin bersenang-senang dengan caraku sendiri...
Aku ga mau di bilang “sok alim”, aku malah bangga ketika orang menganggapku “anak gaul” ..
Tetapi sesungguhnya.. ada sisi dibalik hati kecilku ini... aku ingin sekali menjadi perempuan shalihah... tapi belum ada jalannya.. yah seperti itulah kira2 yang kufikirkan selama ini... aku sudah terlanjur terkenal cuek, tomboy, dll lahh... jadi akhirnya.. aku hanya berpura-pura bodoh dan ga mau tau selama ini...
Tapi setiap kali aku melihat perempuan berhijab besar, walaupun di mulutku aku bilang,, “ehh apa ga panas tuh pake gtuan??” tapi dalam hatiku, aku berkata , “subhanallah, cantik sekali perempuan itu!”
Apa kalian mengerti yang aku maksudkan ini ????
Yahhh,,,, aku melihat perempuan itu cantik bukan dari parasnya, tapi akhlaknya yg ditunjukkan oleh pakaianx, ketaatanx pada agamanya, juga kelembutan dalam tutur katanya....
Sungguh.. itulah perempuan cantik sebenarnya, menurutku...
Dan aku ingin seperti mereka... aku ingin ada seseorang yang mengatakan padaku, betapa cantiknya aku dalam balutan jilbabku ini.. dalam tutur kataku yng enak didengar dan menyejukkan hati...
Aku bahkan terlalu gengsi pada diriku sendiri, hingga aku merasa aku jatuh terlalu dalam.. dan aku bahkan malu untuk bangkit lagi... aku merasa MASIH jatuh cinta pada rambut panjangku, pakaian minimku, dll.. yang merupakan DOSA besar dalam agamaku ketika aku melakukannya... aku sadar sungguh aku sadar slama ini, aku sudah terlalu banyak melakukan dosa besar...
Tapi sungguh, aku benar2 ingin berubah... tapi mendapat hidayah dari_Nya itu begitu susah, niat yang muncul dari hati itu tak kunjung datang...
Hingga Allah SWT akhirnya mengijabah doaku lewat ibuku...
Orang yang paling aku hormati di dunia ini...
Aku berharap ini benar2 jalan yang tak putus, hingga ajal menjemputku...
Aku akan berusaha, untuk menjadi yang terbaik dimata_Nya...
Sungguh melawan diri sendiri itu jauh lebih sulit daripada melawan seseorang yang membenci kita....
Selama ini, aku memang selalu kalah oleh bujuk rayu setan di telingaku, tapi tidak untuk kali ini... aku akan berusaha.... !!!!
Doakan aku  ya... aku hanya ingin menjadi salah satu perempuan penghuni surga yang di sayang Allah SWT. Aamiin.,

Tidak ada komentar: